Rabu, 26 Januari 2011

Hari ini, 3 tahun yang lalu...

Hari ini, 3 tahun yang lalu, saya benar-benar membuktikan bahwa yang kita pelajari di buku teks PMP dan IPS saat SD dulu adalah benar adanya, bukan hanya sekedar "lip service" atau "ngecap" pada saat ulangan harian :
"Manusia adalah makhluk sosial, yang selalu membutuhkan manusia lain untuk hidup. Karena bla.. bla.. bla.."

Saat putri tercinta saya (Nada Salsabila Hafizah, 26 Agustus 2004 - 17 Maret 2006) mengalami koma hingga menutup mata, saya sangat beruntung memiliki atasan, rekan kerja dan ratusan teman yang membesarkan hati saya dan keluarga...

Dari Presdir yang khusus menelpon ke HP saya utk memberikan semangat agar saya tidak putus harapan, hingga rekan kerja dan teman-teman yang tidak putus bergantian menemani saya di waktu jam besuk.
Belum lagi dari teman-teman di dunia maya, dunia yang menembus batas antara. Saya yang hanya merupakan satu bagian kecil dari pengurus salah satu milis kuliner di Indonesia (NCC - Natural Cooking Club <
http://www.ncc-indonesia.com/>) menerima ribuan email dan ratusan sms berisi doa dan simpati dari teman-teman yang bahkan ada yang belum pernah bertatap muka.

Benar, teman... dengan bersama duka ini terasa lebih ringan...

Masih jelas di ingatan saya, penuhnya rumah duka, dan bantuan yang diberikan dengan ikhlas dari teman-teman semua...
"Yen, saya sudah kirim nasi box ke rumah mu, jadi jangan pikirkan makanan ya..."
"Yen, saya sudah kirim snack utk tamu dan seluruh keluarga..."
"Yen, makan, nih saya suapi, kamu harus kuat untuk Ifan..."
....... itu dari teman-teman saya yang bergerak cepat tanpa saya minta...
"Yeni, terserah kamu kapan bisa masuk kerja. Kamu diizinkan cuti dengan tanggungan kantor..." kata GM saya menyampaikan amanah Presdir.
"Yen, nggak usah pikirin kerjaan dulu, biar kita yang handle kerjaan selama kamu nggak masuk kerja..." kata rekan-rekan kerja saya.

"Fahly, kita sudah di makam, urusan persiapan penguburan sudah beres semuanya..."
"Fahly, saya sudah siapkan mobil patwal untuk perjalanan ke makam..."
........ itu dari teman-teman suami.....
dst...

Di tengah duka cita, saya bahagia mendapatkan pembuktian bahwa teman-teman di sekeliling saya adalah teman-teman sejati, bukan hanya teman di kala suka.

Selama ini saya banyak mendengar, untuk menghibur hati orang tua yang berduka, teman dan kerabat yang bersangkutan akan berkata,
"Insya Allah anakmu mempersiapkan tempat kamu di surga kelak..."

Pada hari ini, izinkan saya membagi wejangan dari Ayah Mertua saya (Bp. H. Abdul Karim Hasan) yang disampaikan pada sambutan keluarga saat pemakaman Nada, 17 Maret 2006, 3 tahun yang lalu....
"Anak yang masih suci dan dipanggil menghadap Allah merupakan penolong kedua orang tuanya kelak, jika kedua orang tuanya adalah orang yang beriman."

Mengartikan kata-kata tersebut, jelas bagi saya sekarang, bahwa Nada tidak akan semata-mata menyiapkan tempat di surga untuk saya tanpa syarat. Tidaklah surga tersebut disiapkan untuk saya jika saya tidak memperbaiki diri. Saya harus menjadi orang yang beriman (atau lebih beriman lagi). 

Alhamdulillah, terima kasih ya Allah...
Engkau masih memberikan kesempatan diri ini belajar sebelum ajal tiba...
Terima kasih ya Allah, telah Engkau berikan ayah mertua yang bijaksana... 
Terima kasih ya Allah, telah Engkau berikan kerabat dan teman-teman yang setia...

Jakarta, 17 Maret 2009
Yeni Suryasusanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar